464
Redaksi |

Doa Ketika Mendengar Petir

 

Di musim hujan, petir menjadi bagian yang akrab di telinga kita, memberi rasa takut dan kejut yang luar biasa, apalagi untuk anak-anak. Para sahabat Nabi Saw dan ulama terdahulu mengajarkan doa untuk kita ketika mendengar gemuruh halilintar yang menggelegar. Doanya tidak panjang dan mudah dihafal oleh anak-anak. Bunyi doanya seperti ini:

سُبْحَانَ مَنْ سَبَّحَتْ لَهُ

“Maha Suci Allah yang petir pun bertasbih kepadaNya.”

Doa ini diriwayatkan dari jalur Imam Thawus, salah satu imamnya para tâbi’în. Imam al-Nawawi dalam al-Adzkâr mengatakan bahwa riwayat doa tersebut dari Thawus kemudian ke Imam Syafi’i dengan sanad yang shahih (mauqûf shahîh). Imam al-Thabari dalam tafsirnya pun meriwayatkan doa tersebut.

Di riwayat lain, terdapat juga redaksi doa yang lebih panjang. Doa yang dibaca oleh Sayyidina Abdullah bin Zubair ketika mendengar petir. Doanya adalah:

سُبْحَانَ الَّذِي يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيفَتِهِ

“Maha Suci Allah yang petir dan para malaikat pun bertasbih dengan memujiNya karena takut kepadaNya.”

Doa di atas diriwayatkan oleh Imam Mâlik dalam al-Muwatha’, dan Imam al-Bukâri dalam al-Adab al-Mufrad. Para ulama menilai riwayat di atas sebagai shahih mauqûf. Wallahu a’lam.

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someonePrint this page
Tangga.id
Trending