273
Redaksi |

Anekdot Sufi: Hakim dan Saksi

 

Seorang hakim di Basra, Irak, terkenal karena ketajaman pikiran dan ketelitian pengamatannya yang terkadang berlebihan. Banyak cerita beredar tentang kualitas dan karakter hakim tersebut.

Dia pernah mengatakan: “Aku tidak pernah mengalami masalah berarti dalam proses peradilan selain pada satu kasus.”

Orang yang mendengar penuturannya itu bertanya: “Kasus apa, tuan hakim?”

“Kasus sengketa tanah yang telah menjadi taman.”

“Bisa tuan hakim ceritakan.”

“Ketika itu ada seseorang datang menghadapku dan memberikan kesaksian bahwa taman tersebut adalah milik fulan. Karena aku ragu tentang kebenarannya, aku ajukan pertanyaan kepadanya, ‘berapa banyak pohon di taman itu?’ Pertanyaan itu membuatnya dia cukup lama, kemudian dia bertanya kepadaku:

“Sudah berapa lama tuan menjadi hakim dan memberikan hukuman di aula pengadilan ini?”

“Sudah bertahun-tahun lamanya,” jawabku.

Kemudian dia bertanya kepadaku: “Berapa jumlah balok yang ada di atap aula pengadilan ini?”

“Aku diam, tidak dapat menjawab pertanyaannya. Aku sadar pertanyaan yang kuajukan kepadanya adalah pertanyaan bodoh,” hakim tersebut mengakhiri ceritanya dengan tertawa terbahak-bahak.


Kepada para pembaca setia Tangga.id dan para penulis. Tangga.id mengundang Anda semua untuk menjadi kontributor, menyumbangkan pemikiran dan gagasan Anda melalui web Tangga.id. Ingin tahu bagaimana aturan mainnya, klik di sini

Share this...
Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestEmail this to someonePrint this page
Tangga.id
Trending